Laman

Sabtu, 06 April 2013

The Power of Dreams to Indonesia Youth Forum 2013



Salam Pemimpin Muda!
Salam Semangat!
'Stand Up, Speak Up, Take Action!'.
Hii Youths, dalam tulisan ini saya akan berbagi sebuah kisah motivasi dan inspiratif yang saya alami sendiri, tulisan ini merefleksikan bagaimana kekuatan niat dan mimpi. Ketika kita bermimpi kita dihadapkan kepada dua pilihan, yaitu tetap tidur dan melanjutkan mimpi kita atau bangun dan buat mimpi tersebut menjadi nyata. Ya, saya memilih opsi yang kedua, bangun dan mewujudkan mimpi tersebut.
Orang bijak pernah berkata, 
"Ketika kita ingin mendapatkan sesuatu yang belum pernah kita dapatkan, kita harus bersedia melakukan sesuatu yag belum pernah kita lakukan"

***

24 Maret 2013 ditengah nikmatnya kesibukan kuliah dan organisasi, tepatnya jam 8 malam saya mencoba merelaksasi pikiran dengan berselancar di dunia maya. Dan ternyata malam itu Indonesia Youth Forum me-release 200 official delegates terpilih untuk bergabung bersama pemuda terbaik dari seluruh pelosok nusantara di Indonesia Youth Forum 2013 Bandung (23-26 Mei), yang nantinya akan membahas peran pemimpin muda bagi perubahan ,gerakan dari pemuda untuk Indonesia. Jari tangan saya pun mulai mengetik http://www.indonesiayouthforum.com untuk memastikan apakah nama saya ada di antara 200 pemuda pilihan terbaik.

Jeeng jeeeng




Alhamdulillah, luar biasa! Seakan masih belum percaya, karena untuk lolos menjadi 200 pemuda terpilih tidaklah mudah, saya harus bersaing bersama 1013 pemimpin muda dari seluruh nusantara. 200 pemuda  terpilih tersebut berasal dari berbagai  institusi/universitas yang kredibel, UI, UGM, ITB, ITS, Unpad, dll. Sedangkan peserta yang terpilih dari IT Telkom hanya 2 orang, saya dan rekan saya Fahri Adnantya. Setelah terdiam beberapa saat, ya mungkin inilah rezeki saya, karena rizki itu tidak akan tertukar dan salah alamat. Semakin dekat dengan salah satu impian saya tahun ini, berkumpul dengan pemuda terbaik dari seluruh nusantara untuk melakukan gerakan bersama, berperan aktif dan memberikan kontribusi nyata bagi perubahan. Setelah sebelumnya di tahun 2012, saya mengikuti Jambore Pemuda Indonesia dari Kemepora-RI.
***
Pertama kali mengenal IYF  dari seseorang yang sangat luar biasa, sebelumnya dia mengikuti Forum Pelajar Indonesia dan  1st IYF yang juga diselenggarakan oleh ISYF.  Dia menceritakan  apa saja yang ia lakukan di forum tersebut, ketika itu saya meniatkan untuk bisa bergabung di event tersebut. Sekitar bulan februari, saya mendapat kabar bahwa 2nd IYF akan diselenggarakan tanggal 23-26 Mei di Bandung, kebetulan sekali saat ini saya kuliah dan tinggal di Bandung. 
Pendaftaran dibuka, dan bukan main ternyata tidak mudah untuk bergabung dan terpilih menjadi official delegates 2nd IYF, saya harus bersaing dengan pemimpin muda dari seluruh nusantara, dan hanya 200 pemuda terbaik yang akan dipilih. Sedikitnya ada 5 aplikasi yang harus saya isi, selain itu kita juga harus aktif di organisasi dan mempunyai sosial project. Sosial project ini bisa yang sudah berjalan, atau sedang dalam perencanaan. Meskipun tidak mudah saya tetap berusaha mencoba, meng-afirmasi diri sendiri dan meyakinkan diri bahwa saya BISA!

Berbicara tentang social project, saya sempat terpikirkan salah satu impian saya. Ketika itu (read: februari) project ini memang belum berjalan, namun dengan niat dan keyakinan project itu mulai berjalan dan berkembang. Berawal dari rasa prihatin melihat realita karakter pemuda Indonesia saat ini, tawuran antar pelajar, penyalahgunaan narkoba, tindak kriminalitas, seks bebas, tidak toleran, dll seakan menjadi rutinitas dan hal yang lumrah di kalangan pemuda Indonesia. Ini menunjukan bahwa bangsa Indonesia sedang mengalami krisis karakter yang menyebabkan pemuda Indonesia miskin gagasan, kreasi, kurang inovatif, malas, dan tidak produktif. Untuk mengatasi krisis moral dan karakter tersebut diperlukan sebuah gerakan yang aktif dan berkelanjutan. Inilah yang menjadi latar belakang social project yang saya buat. 

Hypno Building School - DC, gerakan  yang bergerak di bidang character building, hypnosis&hypnotherapy dengan sasaran pelajar dan mahasiswa. bertujuan untuk membantu menyelesaikan krisis moral dan karakter pemuda Indonesia, menghimbau seluruh pemuda untuk kembali kepada jati diri bangsa yang bermoral dan beretika, dan mengajak kepada seluruh pemuda untuk mewujudkan Indonesia berkarakter.
***

Selanjutnya, IYF merilis 250 peserta terbaik yang akan lolos ke tahapan selanjutnya, dan hanya akan dipilih 200 peserta terbaik yang akan menjadi official delegates of Indonesia Youth Forum 2013. Tahapan selanjutnya adalah interview, interview dilakukan via online network Skype. Keren nih, untuk pertama kalinya saya melakukan interview via internet, benar-benar memanfaatkan ICT. Meskipun kurang puas dengan hasil interview, saya tetap meng-afirmasi diri bahwa saya BISA!! Hingga akhirnya IYF me-rilis 200 pemuda terbaik terpilih menjadi official delegates of IYF 2013, dan saya termasuk salah satu di antaranya.


Begitulah rangkaian pengalaman saya menjadi official delegates of  IYF 2013, bertambah 1 lagi daftar mimpi saya yang mulai tercapai. Semoga tulisan ini bisa menjadi kisah inspiratif khususnya bagi pemuda mempunyai mimpi dan cita-cita besar.
'Stand Up, Speak Up, Take Action!'.
 ***


Jangan takut untuk bermimpi, dalam artian ketika kita sedang bermimpi, wujudkan mimpi tersebut menjadi kenyataan. Caranya? Bangun!!
Niatkan segala sesuatunya, ketika kita mempunyai niat terhadap sesuatu, dan menanamkannya dalam pikiran bawah sadar kita. Secara otomatis akan mengalir sugesti dan energi positif yang luar biasa yang bisa mengantarkan kita pada sesuatu yang kita niatkan. Baik itu niat baik atau buruk, secara sadar maupun tidak sadar sistem pikiran kita akan tertuju ke sana. Dan pikiran bawah sadar punya mekanisme sendiri untuk mewujudkannya.

“ Cara memulai sesuatu adalah dengan berhenti berbicara dan mulai melakukan”
Mari bergerak! Sampai jumpai di Bandung 23-26 Mei 2013
Official Delegates of Indonesia Youth Forum 2013.
'Stand Up, Speak Up, Take Action!'.


Fanpage: www.facebook.com/IndonesiaYouthForum2013
Twitter: @IYF2013








Tidak ada komentar:

Posting Komentar